√ Sepak Takraw

Pertandingan modern martial arts biasa digunakan diatas karpet atau matras yang hampir sering disebut dengan Tatami. Berbentuk segi empat (seperti belah ketupat) dengan ukuran minimum 14 X 14 meter dan maksimal 16 X 16 meter.

Wilayah tatami yang nantinya menjadi kawasan bertarung dua orang pejudo sendiri memiliki ukuran little 9 X 9 m dan 10 X 10 meter. Tim yang memiliki skor terbanyak saat fase kedua telah selesai merupakan tim yang menjadi winner pertandingan. Bila kedua tim sama-sama mencetak skor yang sama, maka pertandingan maka akan dinyatakan seri. Di masing-masing wilayah juga terdapat dua titik penalti yang berjarak 6 meter dan 10 meter. Olahraga ini sendiri pertama kali populer di kota Motevideo, Uruguay sesudah diperkenalkan oleh seorang bernama Juan Carlos Ceriani.

Ceriani terinspirasi menemukan olahraga futsal dari pengalaman di negaranya yang banyak orang kesusahan untuk melakukan olahraga sepakbola karena keterbatasan wilayah. Setelah peserta bersabuk merah selesai proses gerakannya, ia akan meninggalkan arena untuk menuggu peserta bersabuk biru selesai proses gerakannya.

Tatami supervisor sendiri terdiri dari pra wasit senior yang telah memilki sertifikat. Di dalam wilayah berwarna putih memiliki dua wilayah kotak berwarna merah yang merupakan region bebas peserta untuk memulai pertandingan. Warna merah ialah wilayah yang tidak boleh disentuh oleh karateka saat bertanding dan bila menyentuhnya akan dianggap melakukan pelanggaran. Namun, sejak tahun 2012, wasit dan juri harus berada di luar kawasan merah. Wilayah dengan lantai berwarna putih merupakan region dimana kontestan melakukan match.

Jumlah kata dalam diperagakan dalam satu pertandingan biasanya tergantung jumlah peserta yang terdapat. Tatami manager mempunyai tugas untuk menunjuk dan mengawasi kinerja seorang wasit dalam pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *